Segera Upgrade, Steam Stop Dukungan untuk Windows 7, 8, dan 8.1

segera-upgrade-steam-stop-dukungan-untuk-windows-7-8-dan-8-1

Ilustrasi logo aplikasi gim Steam. (Sumber: Antara)

Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Platform distribusi game besutan ValveSteam, secara resmi menghentikan dukungan layanannya di komputer atau PC yang menjalankan sistem operasi (OS) Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1 pada Senin (1/1/2024).

Penghentian dukungan ini berarti Steam tidak akan lagi berjalan optimal pada Windows versi lawas tersebut. Pengguna PC yang ingin tetap menggunakan layanan Steam diharuskan untuk memperbarui sistem operasi PC mereka ke versi yang lebih baru, seperti Windows 10 atau Windows 11.

Keputusan penghentian dukungan Steam di ketiga sistem operasi lawas ini pertama kali diumumkan oleh Valve pada bulan April 2023 lalu.

Valve menjelaskan bahwa ketiga OS tersebut tidak akan menerima pembaruan (update) lebih lanjut.

Baca Juga: Jangan Ketinggalan Steam Summer Sale 2023, Ini Daftar Gim dengan Harga di Bawah Rp10 Ribu

“Setelah tanggal 1 Januari 2024, instalasi Steam Client yang ada pada sistem operasi ini (Windows 7, 8, 8.1) tidak akan lagi menerima pembaruan apa pun termasuk pembaruan keamanan,” demikian disampaikan Valve dalam situs resminya.

Valve juga tidak memberikan jaminan bahwa aplikasi Steam yang sudah terpasang di tiga OS Windows lawas tersebut masih akan berfungsi dengan baik setelah penghentian dukungan.

Upgrade ke Windows 10 atau Distro Linux

Dengan demikian, pengguna Steam direkomendasikan untuk segera memperbarui OS mereka ke Windows 10 atau distro Linux. https://www.youtube.com/embed/k59Vuorrksw?rel=0

Terlebih, Microsoft selaku perusahaan pengembang Windows juga telah mematikan pembaruan keamanan dan dukungan teknis untuk Windows 7 pada Januari 2020 dan Windows 8 & 8.1 pada Januari tahun lalu. 

“Malware tersebut dapat menyebabkan PC, Steam, dan game pengguna berkinerja buruk atau crash. Malware tersebut juga dapat digunakan untuk mencuri kredensial akun Steam Anda atau layanan lainnya,” tulis Steam di Steam Support, Selasa (2/1/2024).

Baca Juga: 5 Tips Membuat Password yang Aman, Kuat, dan Mudah Diingat

Selain itu, Anda https://bukanlah.com/ juga dapat mencoba Steam di distro-distro Linux populer macam Ubuntu, popOS, Fedora, Debian, hingga Arch Linux. 

Sebagai informasi, Valve sendiri juga mengembangkan SteamOS, sistem operasi yang dipasang di perangkat konsol portabel Steam Deck. SteamOS sendiri adalah OS yang berbasis Arch Linux. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*