Jangan Lewatkan 3 Fenomena Langit yang akan Menghiasi Bulan Januari 2024 Ini, Ada Hujan Meteor!

jangan-lewatkan-3-fenomena-langit-yang-akan-menghiasi-bulan-januari-2024-ini-ada-hujan-meteor

Ilustrasi Hujan Meteor yang Menghiasi Langit di Malam Hari (Sumber: ZanDesign on Freepik)

Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV – Fenomena langit adalah kejadian alam di luar angkasa yang dapat teramati dari Bumi. Uniknya ada beberapa peristiwa langit yang akan mempercantik suasana pada Januari 2024 ini.

Berikut daftar peristiwa langit di bulan Januari 2024 yang sayang untuk untuk dilewatkan.

1. Hujan Meteor Quadrantid

Bulan Januari 2024 akan dimulai dengan kejadian langit menarik, yaitu hujan meteor Quadrantid. Menurut informasi dari laman Earth Sky, puncak hujan meteor ini diperkirakan terjadi pada tanggal 3-4 Januari 2024.

Di samping itu, perlu dicatat bahwa puncak hujan meteor Quadrantid ini berlangsung hanya dalam beberapa jam.

Selama periode tersebut, intensitas meteor Quadrantid dapat mencapai 60-200 meteor per jam, dan dikenal dengan kehadiran bola api meteor yang sangat terang.

Waktu terbaik untuk menikmati fenomena langit ini yaitu pada malam hingga dini hari. Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih optimal, pastikan kondisi langit di lokasimu gelap tanpa cahaya Bulan.

Baca Juga: Tertarik Tinggal di Planet Lain selain Bumi? Kuliah Umum Daring Ini Bakal Simulasikan Hidup di Mars

2. Gerhana Bulan Total

Gerhana Bulan total termasuk salah satu fenomena langit yang akan datang di Januari 2024. Penting dicatat bahwa gerhana Bulan total diprediksikan akan terjadi pada tanggal 20-21 Januari 2024.

Gerhana Bulan adalah fenomena alam ketika sebagian atau seluruh penampang Bulan tertutup oleh bayangan Bumi.

Gerhana Bulan total terjadi ketika Bulan sepenuhnya berada dalam bayangan umbra Bumi, sehingga posisi Matahari, Bumi, dan Bulan berada pada satu garis lurus.

Fenomena ini menyebabkan Bulan tampak berubah menjadi warna merah atau oranye selama puncak gerhana, yang disebut juga sebagai “Bulan darah” atau dalam bahasa Inggrisnya “Blood Moon.”

Baca Juga: Niat Salat Gerhana Bulan, Tata Cara, Jumlah Rakaat dan Doanya, Dilaksanakan Jam Berapa?

3. Fenomena Planet Sejajar

Pada tanggal 27 Januari 2024, diperkirakan akan terjadi fenomena planet sejajar atau konjungsi planet.

Konjungsi planet adalah peristiwa astronomi di mana dua planet, satu planet dan Bulan, atau satu planet dan satu bintang terlihat berdekatan di langit malam Bumi.

Saat itu, tiga planet yaitu Venus, https://gunakanlah.com/ Mars, dan Merkurius diprediksi akan terlihat berdekatan jika diamati dari Bumi.

Fenomena ini terjadi karena planet-planet tersebut mengorbit Matahari pada bidang yang hampir sejajar, yang dikenal sebagai bidang ekliptika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*