Cara Melihat Hujan Meteor Geminid di Indonesia, Malam Ini Puncaknya

cara-melihat-hujan-meteor-geminid-di-indonesia-malam-ini-puncaknya

Ilustrasi hujan Meteor. Mulai malam ini, Kamis (14/12/2023) hingga Jumat besok (15/12) masyarakat dapat melihat hujan meteor Geminid. (Sumber: KOMPAS.COM)

Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Hujan meteor Geminid akan terlihat di langit Indonesia, dengan fase puncaknya pada Kamis-Jumat (14-15/12/2023).

Menurut Royal Museums Greenwich, hujan meteor ini telah berlangsung sejak 4 Desember lalu namun puncaknya diperkirakan terjadi pada malam ini hingga matahari terbit.

Sementara menurut akun X Planetarium Jakarta, hujan meteor Geminid ini akan terjadi dari malam ini dari jam 20.05 WIB hingga besok pagi pukul 05.07 WIB.

Hujan Meteor Geminid mulai aktif sejak tanggal 4 sampai 17 Desember 2023. Puncaknya terjadi pada tanggal 14-15 Desember 2023. Fenomena ini dapat sahabat amati sejak pukul 20.05 WIB hingga Matahari terbit,” tulis akun tersebut.

Lantas, bagaimana cara melihat hujan meteor Geminid di Indonesia?

Cara Melihat Hujan Meteor Geminid

Selama hujan meteor Geminid ini, Setidaknya 50 meteor per jam akan menghiasi langit Indonesia.

Menurut staf peneliti Observatorium Bosscha di Bandung, Jawa Barat, Agus Triono, fenomena astronomi ini bisa dilihat dari berbagai wilayah di Indonesia.

“Pada tanggal tersebut, rasi Gemini sudah bisa dilihat jelas sekitar 20.00 WIB malam. Jadi mestinya peristiwa ini (hujan meteor Geminid) https://tahapapun.com/ bisa dilihat sepanjang malam,” kata Agus dikutip dari Kompas.com, Selasa (12/12).

Untuk melihat hujan meteor Geminid tidak sulit. Fenomena ini akan bisa dilihat langsung dengan mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*