5 Tips Membuat Password yang Aman, Kuat, dan Mudah Diingat

5-tips-membuat-password-yang-aman-kuat-dan-mudah-diingat

Buat Password Medsos agar Susah Dibobol Hacker (Sumber: Threatpost via Kompas.com)

Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Di era digital yang semakin canggih, keamanan data menjadi hal yang sangat penting. Salah satu langkah awal yang dapat diambil adalah dengan memiliki password yang kuat dan aman.

Namun, seringkali orang merasa kesulitan untuk membuat password yang tidak hanya kuat, tetapi juga mudah diingat. Berikut adalah 5 tips terbaik untuk membuat password yang memenuhi kriteria kuat, aman, dan mudah diingat.

Keamanan password adalah langkah awal yang sangat penting dalam melindungi data pribadi dan keamanan online Anda. Dengan mengikuti tips di bawah ini, Anda dapat membuat password yang kuat, aman, dan mudah diingat.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu meningkatkan kesadaran keamanan online Anda dan mengganti password secara berkala untuk menjaga keamanan data pribadi Anda.

Baca Juga: Begini Cara Memulihkan Postingan Facebook yang Tak Sengaja Terhapus

1. Gunakan Kombinasi Huruf, Angka, dan Simbol

Password yang kuat seharusnya terdiri dari kombinasi huruf (huruf besar dan kecil), angka, dan simbol. Hal ini akan membuat password lebih sulit untuk ditebak atau diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Contoh, “P@ssw0rd!” merupakan kombinasi yang baik.

2. Hindari Penggunaan Informasi Pribadi

Menggunakan informasi pribadi seperti nama, tanggal lahir, atau nomor telepon sebagai bagian dari password dapat meningkatkan risiko keamanan. Hindari penggunaan informasi yang mudah ditebak atau dapat ditemukan secara umum.

3. Buat Frasa yang Mudah Diingat

Daripada membuat kata kunci acak, pertimbangkan untuk membuat frase yang mudah diingat namun sulit ditebak. Misalnya, ambil potongan kalimat favorit Anda dan kombinasikan dengan huruf besar, angka, dan simbol. Sebagai contoh, “SunsetOnTheBeach2023!”.

Baca Juga: Google Play Store Versi Terbaru Hadirkan Fitur Uninstall Aplikasi Jarak Jauh

4. Perbarui Password Secara Berkala

Keamanan password tidak hanya bergantung pada kekuatan kombinasi, tetapi juga pada kebiasaan perubahan secara berkala https://ditanggung.com. Pastikan untuk mengganti password secara rutin, minimal setiap enam bulan sekali. Ini akan memberikan perlindungan ekstra terhadap ancaman keamanan yang mungkin muncul.https://www.youtube.com/embed/FUc9LXjQNLU?rel=0

5. Gunakan Layanan Manajemen Password

Mengelola banyak password dapat menjadi tantangan tersendiri. Untuk mengatasi hal ini, pertimbangkan untuk menggunakan layanan manajemen password. Aplikasi seperti LastPass, 1Password, atau Dashlane dapat membantu Anda menghasilkan dan menyimpan password dengan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*