Resolusi Awal Tahun, Turun Berat Badan Cukup dengan Jalan Kaki, Simak Batasan dan Durasi Idealnya!

resolusi-awal-tahun-turun-berat-badan-cukup-dengan-jalan-kaki-simak-batasan-dan-durasi-idealnya

Beberapa orang memilih berjalan kaki sebagai olahraga dan tamasya harian mereka. Ada sejumlah manfaat yang mereka dapatkan dari kegiatan tersebut. (Sumber: pixabay.com/Daniel Reche)

Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Jalan kaki adalah aktivitas fisik yang sederhana namun efektif. Kegiatan ini dapat dilakukan oleh semua kelompok usia dan kapan saja. Selain mudah, jalan kaki terbukti secara ilmiah bermanfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk dalam menurunkan berat badan.

Sebagaimana dikutip dari American Council on Exercise (ACoE) Cedric Bryant, Presiden dan Kepala Petugas Sains di ACoE, mengungkapkan bahwa jalan kaki adalah latihan aerobik berdampak rendah yang efektif untuk membakar kalori.

Penurunan berat badan tercapai dengan kombinasi antara durasi jalan kaki dan pola makan yang sehat.

Baca Juga: Gejala dan Penyebab Kanker Pankreas, Sakit yang Diidap Rizal Ramli sebelum Meninggal Dunia

Durasi Jalan Kaki Ideal untuk Menurunkan Berat Badan

Bryant merekomendasikan 45-60 menit berjalan kaki setiap hari untuk menurunkan berat badan, lebih lama dari pedoman dasar 30 menit untuk menjaga kebugaran.

Ia menambahkan bahwa jalan kaki bisa dibagi menjadi beberapa sesi sepanjang hari untuk mencapai total waktu yang direkomendasikan.

“Mungkin Anda berjalan kaki selama 30 menit di pagi hari, kemudian berjalan kaki selama 15 atau 30 menit setelah makan malam atau saat istirahat makan siang,” jelas Bryant, dikutip Rabu (3/1/2024).

Baca Juga: Anjuran Dokter: Tahun Baru, Biasakan Hidup Sehat agar Terhindar dari Komplikasi Penyakit

Dilaporkan Verywell Fit, seseorang dengan berat 70 kilogram bisa membakar sekitar 280 kalori per jam dengan kecepatan sedang (5 km/jam).

Jika kecepatan meningkat menjadi 7 km/jam, kalori yang dibakar meningkat menjadi 460 kkal.

CDC merekomendasikan jalan kaki minimal 30 menit setiap hari, lima hari seminggu, untuk efektivitas penurunan berat badan.

Berjalan dengan kecepatan yang meningkatkan pernapasan dan detak jantung terbukti lebih efektif dalam mencapai target penurunan berat badan dibandingkan berjalan santai.

Baca Juga: Jarang Diketahui! Ini 6 Manfaat Daun Murbei untuk Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Gula Darah

Batasan Jalan Kaki untuk Kesehatan Optimal

Meskipun bermanfaat, jalan kaki terlalu lama dapat berdampak negatif, seperti penurunan performa tubuh, depresi, denyut jantung istirahat yang meningkat, emosi yang tidak stabil, kehilangan nafsu makan, kelelahan kronis, otot yang kaku dan sakit, serta risiko infeksi yang lebih tinggi.

Pejalan kaki terlatih mungkin https://elementlagu.com/ mampu menempuh hingga 45 km dalam 8 jam, tetapi rata-rata orang hanya disarankan berjalan 3-4 km per hari.

Dengan mengimbangi durasi dan intensitas jalan kaki, serta memperhatikan batasan yang sehat, aktivitas ini bisa menjadi pilihan efektif untuk menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*