Jarang Diketahui! Ini 6 Manfaat Daun Murbei untuk Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Gula Darah

jarang-diketahui-ini-6-manfaat-daun-murbei-untuk-kesehatan-salah-satunya-turunkan-gula-darah

Buah dan daun murbei memiliki ragam manfaat untuk kesehatan. (Sumber: Jcomp on Freepik)

Penulis : Almarani Anantar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV – Murbei (Morus) adalah anggota famili tanaman Moraceae dan memiliki beberapa spesies, termasuk murbei hitam (M. nigra), merah (M. rubra), dan putih (M. alba).

Asal-usul tanaman ini dapat ditelusuri hingga ke China dan telah sukses dibudidayakan di berbagai belahan dunia, termasuk Amerika Serikat, Eropa, Asia, dan Afrika.

Pohon murbei menghasilkan buah beraroma yang kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa yang bermanfaat.

Tidak hanya buahnya, daun murbei juga dikenal mengandung polifenol antioksidan, vitamin C, seng, kalsium, besi, kalium, fosfor, dan magnesium. 

Manfaat Daun Murbei untuk Kesehatan

Daun murbei telah digunakan dalam pengobatan tradisional sejak lama. Dilansir Kompas.com, berikut ragam manfaat daun murbei untuk kesehatan.

1. Menurunkan gula darah dan insulin

Daun murbei diketahui mengandung senyawa seperti 1-deoxynojirimycin (DNJ), yang dapat membantu melawan diabetes.

Menurut Healthline, DNJ yang terkandung dalam daun murbei dapat menghambat penyerapan karbohidrat dalam usus.

Sebuah penelitian melibatkan 37 orang dewasa yang menelan maltodekstrin, yang cepat meningkatkan kadar gula darah, dan kemudian diberi ekstrak daun murbei yang mengandung 5 persen DNJ.

Hasilnya menunjukkan, mereka yang mengonsumsi 250 atau 500 miligram ekstrak daun murbei mengalami peningkatan kadar gula darah dan insulin yang lebih rendah dibandingkan dengan kelompok yang mengonsumsi plasebo.

Baca Juga: Simak, 11 Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan, Bisa Melancarkan Urin dan Mengatur Gula Darah!

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Beberapa penelitian telah menunjukkan ekstrak daun murbei berpotensi meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol dan tekanan darah, serta mengurangi peradangan dan mencegah aterosklerosis yaitu penumpukan plak di arteri yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian, 23 orang dengan kolesterol tinggi diberi suplemen daun murbei sebanyak 280 miligram selama 12 minggu.

Setelah 12 minggu, penelitian tersebut menunjukkan, kolesterol LDL (jahat) mereka mengalami penurunan 5,6 persen dan kolesterol HDL (baik) meningkat 19,7 persen.

3. Mengurangi peradangan

Manfaat lain dari daun https://darsalas.com murbei adalah kemampuannya untuk mengurangi peradangan.

Kandungannya yang kaya akan senyawa anti-radang, termasuk flavonoid antioksidan, telah terbukti dapat melawan peradangan dan stres oksidatif, yang keduanya terkait dengan penyakit kronis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*