Catat! 5 Manfaat Tanaman Kemuning untuk Mengatasi Masalah Kesehatan, dari Bisul hingga Sakit Gigi

catat-5-manfaat-tanaman-kemuning-untuk-mengatasi-masalah-kesehatan-dari-bisul-hingga-sakit-gigi

Kembang dari pohon kemuing sedang berkembang (Sumber: KompasTV/Iman Firdaus-)

Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV – Bagi sebagian orang pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman kemuning.

Tanaman yang memiliki daun berbentuk bulat telur dengan ujung lancip, memiliki kemampuan tumbuh hingga mencapai ketinggian 8 meter. Hal inilah yang membuat tanaman kemuning kerap dijadikan sebagai pagar halaman.

Selain itu, bunganya yang berwarna putih dan mengeluarkan aroma wangi, semakin menambah daya tarik estetika dari tanaman ini. 

Tidak hanya keindahannya, tanaman kemuning ternyata dikenal memiliki sejumlah manfaat dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Daunnya mengandung eugenol, tanin, dan coumurrayin, sementara bunganya mengandung scopoletin. Seluruh bagian tanaman, termasuk daun, ranting, dan akarnya, sering dimanfaatkan sebagai komponen obat herbal.

Mengutip dari Health.Grid.Id, berikut adalah manfaat kemuning untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

1. Mengatasi Bisul

Untuk mengatasi bisul, siapkan 30 gram akar kemuning kering, cuci bersih, dan rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa satu gelas. Dinginkan air rebusan kemuning, lalu saring, dan konsumsi dua kali sehari, masing-masing setengah gelas.

Baca Juga: Jarang Diketahui! Ini 6 Manfaat Daun Murbei untuk Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Gula Darah

2. Meredakan Sakit Gigi

Akar kemuning juga dapat membantu meredakan sakit gigi. Caranya, bakar kulit batang kemuning hingga mengeluarkan minyak, lalu teteskan pada bagian gigi yang terasa sakit.

3. Menurunkan Berat Badan

Daun kemuning yang dicampur dengan daun mengkudu dan temu ireng dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan.https://www.youtube.com/embed/WK6dGaqOJNg?rel=0

Cara mengolahnya, tumbuk ketiga tanaman tersebut, tambahkan air matang sekitar satu cangkir, peras, dan minum air perasannya di pagi hari sebelum makan.

Baca Juga: Simak, 11 Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan, Bisa Melancarkan Urin dan Mengatur Gula Darah!

4. Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Kemuning juga berguna dalam mengobati infeksi saluran kencing. Cara mendapatkan manfaatnya, cukup dengan mengonsumsi air rebusan daun https://saladbiji.com kemuning sebanyak tiga kali sehari.

5. Menghaluskan Kulit

Untuk mendapatkan kulit halus secara alami, siapkan 30 gram daun kemuning segar, cuci, tumbuk, tambahkan air bersih sekitar satu liter, aduk rata, dan lulurkan pada kulit sebelum tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*