Apa Itu Diet Pelangi? Cocok Buat yang Ingin Cepat Kurus dan Bisa Cegah Kanker!

apa-itu-diet-pelangi-cocok-buat-yang-ingin-cepat-kurus-dan-bisa-cegah-kanker

Ilustrasi. Rainbow diet atau diet pelangi menjadi salah satu diet yang diperkirakan akan trending pada 2024. (Sumber: Diana Polekhina on Unsplash)

Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Rainbow diet atau diet pelangi menjadi salah satu diet yang diperkirakan akan trending pada 2024. Diet jenis ini mendorong seseorang mengonsumsi buah-buahan dan sayur-mayur dengan warna berbeda setiap harinya. 

Dikutip dari Healthline, pelaku rainbow diet dapat mengonsumsi dua hingga tiga jenis sayur atau buah dengan warna yang sama setiap santapan dan satu warna untuk kudapan.

Tidak hanya enak dipandang, menu makanan pada diet pelangi juga memiliki banyak manfaat seperti menurunkan berat badan dan risiko berbagai penyakit.

American Heart Association menyebutkan, pola diet seperti rainbow diet adalah pola makan yang paling mendekati rekomendasi nutrisi terbaik bagi kesehatan jantung.

Rainbow diet juga terbukti dapat mencegah diabetes mellitus, stroke, dan kanker. 

Baca Juga: Cocok untuk Diet, Ini 8 Manfaat Oyong untuk Kesehatan

Manfaat diet pelangi berasal dari penggunaan minyak zaitun sebagai sumber lemak tambahan, serta konsumsi daging, ikan, dan produk susu.

Warna makanan yang alami biasanya dapat mewakili kandungan gizi tertentu di dalamnya. 

Oleh karena itu, ketika kita mengonsumsi makanan dengan warna beragam, pemenuhan kebutuhan gizi dapat terjaga dengan baik. Berikut ragam menu dalam rainbow diet menurut warna makanan.

Menu Diet Pelangi Menurut Warna Makanan

1. Merah

Buah dan sayur berwarna https://yangterbaik.com merah kaya akan antioksidan, likopen, dan vitamin C. Kandungan tersebut mampu menangkal radikal bebas, sehingga dapat mencegah kanker. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*