8 Cara Diet Rendah Gula Agar Cepat Kurus

8-cara-diet-rendah-gula-agar-cepat-kurus

Ilustrasi melakukan diet. (Sumber: Diana Polekhina on Unsplash)

Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Diet rendah gula atau low sugar diet menjadi salah satu diet yang diperkirakan akan trending pada 2024. Diet jenis ini ini dilakukan dengan mengurangi asupan gula dan pemanis tambahan. 

Diet ini juga mengurangi makanan yang mengandung gula alami. Dikutip dari laman Very Well Health, tujuan diet rendah gula adalah untuk mempertahankan kadar gula darah tetap sehat. Diet ini juga dapat membantu program penurunan berat badan dan menekan risiko berbagai penyakit kronis.

Melansir Very Well Fit, tak ada aturan waktu makan pada diet ini. Anda hanya perlu menjaga kadar gula tetap rendah, namun juga memenuhi asupan gula dalam batas wajar. 

Baca Juga: Simak, 5 Manfaat Air Rebusan Daun Singkong untuk Kesehatan: Salah Satunya Mendukung Program Diet

Berikut cara mudah melakukan diet rendah gula agar badan langsing dan tidak lemas.

1. Batasi Minuman Manis

Salah satu sumber gula tambahan yang kerap muncul adalah dari minuman manis seperti minuman soda, minuman berenergi, teh manis, dan masih banyak lagi. 

Untuk mengurangi konsumsi gula tambahan, Anda dapat beralih ke minuman yang lebih sehat seperti air putih, air berkarbonasi tanpa pemanis, teh herbal, atau kopi tanpa gula. Membatasi konsumsi minuman dengan gula tambahan adalah langkah pertama yang mudah untuk mengurangi asupan gula harian berlebih.

2. Kurangi Camilan Manis

Kebanyakan dessert atau kudapan mengandung gula tinggi yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan meningkatkan nafsu makan. Kudapan berbahan biji-bijian dan susu, seperti kue, pai, donat, dan es krim, dapat berkontribusi pada asupan gula tambahan. 

Anda dapat memilih kudapan rendah gula seperti buah segar, Greek yogurt dengan cinnamon atau dark chocolate dengan kadar kakao 70 persen atau lebih tinggi. Selain mengurangi asupan gula, ini juga bisa meningkatkan asupan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan dalam pola makan Anda.

3. Waspada Bahan Makanan Tambahan Tinggi Gula

Bahan makanan tambahan seperti saus dan kecap biasa dikonsumsi banyak orang. Namun, kandungan gula aneka bahan makanan tambahan ini ternyata sangat tinggi. 

Untuk mengurangi konsumsi gula tambahan, Anda dapat mencari kondimen dan saus yang diberi label “tanpa gula tambahan”. Alternatif https://kasikan12.com lain untuk memberi rasa tambahan pada makanan Anda adalah dengan menggunakan bumbu dan rempah-rempah, cabai, mustard, cuka, pesto, mayones, dan perasan lemon atau jeruk nipis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*