5 Manfaat Meminum Teh Serai, Dapat Mengatasi Sakit Fisik sampai Psikis!

5-manfaat-meminum-teh-serai-dapat-mengatasi-sakit-fisik-sampai-psikis

Ilustrasi. Teh serai sudah dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh sejak lama. Berikut 5 manfaat meminum teh serai untuk kesehatan. (Sumber: shutterstock)

Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Teh serai sudah dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh sejak lama. Dikutip dari Medical News Today, serai atau lemongrass mengandung vitamin B, magnesium, zat besi, dan kalium. 

Teh serai diyakini dapat mengurangi kembung, mencegah infeksi, membantu melawan radikal bebas, hingga memiliki sifat antiinflamasi.

Teh serai juga mengandung senyawa asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin, sehingga baik dikonsumsi untuk mengurangi peradangan.

Baca Juga: Catat! 15 Tanaman Herbal yang Bisa Dijadikan Teh, Ada Lavender dan Serai

Manfaat Teh Serai untuk Kesehatan

1. Meredakan rasa cemas atau anxiety

Aroma teh serai dipercaya dapat membantu penderita kecemasan. Meski beberapa orang sudah menghirup minyak atsiri serai untuk menghilangkan stres dan kecemasan, para peneliti masih membutuhkan lebih banyak bukti untuk bisa memastikan manfaatnya.

2. Mencegah peradangan

Teh serai mengandung citral dan geranial yang dianggap memiliki sifat antiinflamasi. Senyawa ini dikatakan dapat membantu menghentikan peradangan tertentu di dalam tubuh kita.

Teh serai juga mengandung beberapa antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh yang bisa menyebabkan penyakit.

3. Mencegah gigi berlubang dan menjaga kesehatan mulut

Ekstrak tanaman serai merupakan salah satu penghambat pertumbuhan bakteri paling ampuh. Bakteri yang berkembang dalam mulut dapat menyebabkan infeksi mulut, sariawan, hingga gigi berlubung.

Meminum teh serai secara rutin terbukti dapat https://sukaati.com meningkatkan kesehatan mulut dan mencegah gigi berlubang.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Minum secangkir air rebusan serai bermanfaat sebagai obat alternatif untuk sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*